Rabu, 23 November 2016

Tindakan Perawatan Post Operasi Caesar Pada Anjing

oleh Maria Ulfa, DRH


      Obat bius yang telah diberikan pada induk harus hilang efeknya secara cepat. Kebanyakan anjing telah sepenuhnya sadar dari anestesi pada saat anjing ini dibawa pulang ke rumah oleh pemilik. Sadar sepenuhnya dari anestesi terjadi dua sampai enam jam,hal tersebut bergantung pada anestesi yang diberikan, kondisi fisik induk dan usia pada saat operasi, dan berapa kali induk tersebut melahirkan sebelum operasi.     Selama fase pemulihan, induk harus diawasi secara ketat sehingga ia tidak terjatuh dan terluka karena dirinya sendiri, atau berguling dan melukai anak-anak anjing. Anak-anak anjing / puppies tidak boleh ditinggalkan sendirian dengan induknya sampai sang induk benar-benar terjaga, mampu berdiri sendiri, dan mampu merawat anak-anaknya.
     Induk harus mulai makan dalam beberapa jam. pemilik harus memberi makan (menyuapi) dalam porsi yang sedikit dari makanan dan air dengan frekuensi sering (setiap 15 sampai 30 menit) untuk 24 jam pertama setelah operasi. Jika induk setelah sectio caesar makan atau minum terlalu banyak atau terlalu cepat, maka induk bisa muntah. asupan makanan nya pada saat ini harus sekitar satu dan setengah kali asupan makanan normal. Pada minggu ketiga atau keempat recovery, asupan makanan nya mungkin 2 sampai 3 kali normal. Induk anjing harus diberi pakan anjing premium berkualitas tinggi selama masa menyusui untuk memberikan nutrisi yang tepat untuknya dan puppies/ anak -anak nya.
      Suhu induk dapat meningkat (0.5-1.0ºC) di atas normal pada 1-3 hari setelah melahirkan, sebaiknya harus kembali ke kisaran normal. Rentang normal adalah (37.8º-38.9ºC). untuk pengobatan jangan memberi obat yang mengandung asam asetilsalisilat atau ASA (Aspirin®), acetaminophen (Tylenol ®) atau obat lain, termasuk obat herbal, tanpa konsultasi dokter hewan. Jika suhu induk  di atas (40 ºC), maka induk anjing dan puppies harus diperiksa oleh dokter hewan sesegera mungkin.
 Adapun perawatan pasca operasi terdiri dari penanganan/perawatan induk dan puppies /anak anjing.Perawatan induk anjing sebagai berikut :
1.    Cek bagian yg di incisi / dilakukan operasi, bila ditemukan tanda – tanda infeksi meliputi nyeri,bengkak dan kemerahan di area tersebut.
2.    Membatasi gerak induk anjing selama 3 – 4 minggu.
3.    Memberikan antibiotik.
4.    Memberikan anti inflamasi (NSAID).
5.    Memberikan obat antipsikotik( jika diperlukan).


Perawatan pada puppies dapat dilakukan sebagai berikut :
1.    Membersihkan lendir setelah dikeluarkan dari uterus.
2.    Diberi tempat yang hangat.
3.    Diberi makanan tambahan jika induk belum dapat menyusui / mati.
4.    Swab perineum untuk merangsang buang air kecil dan buang air besar.
  


Sumber :http://www.vcahospitals.com/main/pet-health-information/article/animal-health/caesarean-sections-in-dogs-post-operative-instructions/494http://lin-myvetdays.blogspot.co.id/2015/01/bedah-caesar-pada-anjing.html 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar