Senin, 07 November 2016

Manajemen pemeliharaan pada kelompok Chelonian

Oleh Dinda Mahardika. DRH


Kelompok chelonian dalam hal ini yaitu tortoises dan turtle. Golongan tortoises sebagai contoh yaitu Geochelone gigantic, geochelone sulcata, Testudo hermanni. Habitat atau tempat hidup kelompok chelonian di dalam aquarium atau box dengan pengaturan suhu dan kelembapan kandang yang terjaga. Pemberian diet pakan untuk golongan tortoise yaitu jenis rumput alfalfa, daun semanggi, daun mulberry, daun buah anggur, dan dapat diberikan bunga hibiscus, sedangkan pemberian diet pakan untuk golongan turtle yaitu buah-buahan ( strawberry, raspberry, blueberry, melon), serangga, cacing, siput. Sexing atau membedakan jenis kelamin jantan dan betina pada kelompok chelonian yaitu terletak pada panjang ekor. Pada jantan, umumnya lebih panjang dan lebar daripada betina, serta posisi kloaka pada jantan terletak lebih caudal atau kebelakang dibandingkan milik betina, serta struktur jari pada jantan lebih panjang daripada betina.
Perawatan yang perlu diperhatikan untuk kelompok chelonian dalam hal ini termasuk turtle dan tortoise yakni apabila dikandangkan maka struktur kandang perlu adanya thermometer agar kelembapan dan suhu di dalam kandang tetap optimum. Sebab, jika suhu terlalu tinggi atau rendah di dalam kandang dapat mengakibatkan stress sehingga penyakit mudah sekali menginfeksi. Salah satu penyakit yang cukup sering menyerang kelompok chelonian yakni rhinitis atau radang pada selaput mukosa hidung. Faktor penyebab penyakit ini dikarenakan kelompok chelonian alergi terhadap bau zat tertentu yang ada di dalam kandang dan karena faktor infeksi dari bakteri maupun virus. Apabila turtle atau tortoises peliharaan indikasi terkena rhinitis, maka yang dapat dilakukan dapat segera diperiksakan ke dokter hewan untuk pemeriksaan secara lengkap dan pencegahan yang dapat dilakukan adalah manajemen kandang yang harus diperbaiki , hindari pemakaian zat-zat kimia yang memicu alergi pada turtle atau tortoise kesayangan.
Struktur kandang yang baik untuk kelompok chelonian yaitu dengan menjaga kelembapan dan suhu dalam kondisi optimum yakni untuk tortoises berkisar 19,40 – 26,90 sedangkan suhu optimum golongan turtle yakni 23,9 – 28,1 0 C, untuk kelembapan di kandang berkisar 10 – 80. Manajemen kandang yang baik untuk kelompok chelonian juga nantinya dapat sebagai pencegahan terhadap infeksi penyakit.

Contoh kandang untuk jenis tortoise.

Contoh kandang untuk Jenis turtles

Sumber Pustaka :
Delaney JA, Dipl ABVP. Exotic Companion Medicine Handbook. 2008. Zoological Education Network. Florida.

                 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar